PURBALINGGA INFO – Camat Karangmoncol Juli Atmadi akan menindaklanjuti arahan Wakil Bupati Purbalingga H. Sudono untuk menurunkan angka stunting. Wabub Sudono menyampaikan arahan tersebut saat acara Amaliyah Syawal tahun 2023 di Kecamatan Karangmoncol.

“Terkait penurunan stunting nanti kita akan menindaklanjuti melalui linsek di tingkat kecamatan Karangmoncol, dari Forkopimcam, UPT Dinas terkait, hingga Desa,” kata Juli di Pendopo Kecamatan Karangmoncol, Selasa (09/05/23).

Camat Juli menambahkan bahwa lokus penurunan stunting di Kecamatan Karangmoncol sebagaimana yang telah ditetapkan oleh kabupaten berdasarkan Perbup (Peraturan Bupati) Purbalingga tentang ‘Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku Dalam Pencegahan Stunting’ adalah 6 desa.

“6 desa tersebut akan kita maksimalkan dan disamping itu desa lain juga tetap akan kita tangani semaksimal mungkin,” tambah Juli.

Di Puskesmas Karangmoncol, Kepala Puskesmas Sutrisno mengatakan telah melakukan beberapa strategi untuk mengurangi angka stunting yang pada tahun lalu sudah cukup baik yaitu 14,7%.

“Ada salah satu inovasi kami yaitu Puspa Ungu (Pelayanan Terpadu Sukseskan AKI dan AKB untuk Generasi Unggul)” kata Sutrisno.

Disadur dari https://puskesmaskarangmoncol.purbalinggakab.go.id/ , kegiatan dalam inovasi ‘Puspa Ungu’ melibatkan berbagai sektor baik di internal Puskesmas maupun eksternal Puskesmas yaitu : Lintas program di Puskesmas seperti konseling PHBS, konseling gizi ibu hamil, promosi jamban sehat dan kesehatan lingkungan, konseling kejadian penyakit menular seperti hepatitis, HIV pada ibu hamil, konsultasi penyakit penyerta, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, dan laboratorium rutin. (an/komin)