PURBALINGGA – Rombongan Bupati dan jajaran pejabat Pemerintah Kabuapten Purbalingga melaksanakan agenda Tarawih Keliling di Masjid Al Ikhlas Desa Kalapacung, Kecamatan Bobotsari, jumat (24/5). Kesempatan Tarling ini juga dimanfaatkan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Berdasarkan hasil komunikasi antara Bupati dengan Kepala Desa Kalapacung di lokasi, disepakati ada hal yang diusulkan warga untuk segera direalisasikan dan dibenahi oleh Pemkab Purbalingga. Diantaranya yakni pembangunan Gedung Balai Desa Kalapacung, sebab balaidesa yang ada sekarang dinilai cenderung kecil dan kurang berwibawa.

“Hasil komunikasi dengan bapak Kades, tadi diusulkan pembangunan Balai Desa. Dapat dimaklumi karena Dana Desa (DD) tidak bisa tidak boleh digunakan untuk pembangunan Balai Desa, sebenarnya banyak desa yang mengusulkan hal yang sama. Inshallah ini akan jadi prioritas kami untuk direalisasikan di APBD Perubahan, kalau belum tersedia anggaranya akan diprioritaskan di tahun 2020, Bappelitbangda bisa mencatat aspirasi ini,” kata Bupati yang akrab disapa Tiwi ini.

Bupati Tiwi juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Desa Kalapacung, karena selama ini telah menyengkuyung beberapa program pemerintah. Terutama pelaksanaan Pilkades dilanjut Pemilu serentak 2019 yang terselenggara dengan tertib, aman  dan kondusif.

“Kita bersyukur kabupaten kita sampai saat ini senantiasa terjaga, dibanding kalau sempat baca berita di Jakarta situasi rusuh. Mari kita doakan bersama-sama agar bangsa kita segera damai, kesatuan dan persatuan kita terjaga,” katanya.

Terkait menjelang hari raya Idul Fitri, kepada masyarakat Bupati Tiwi berpesan untuk menyambut saudara-saudaya pemudik yang datang ke Purbalingga. Sebagai masyarakat punya kewajiban agar para pemudik bisa datang dengan penuh sukacita dan gembira.

“Saya titip agar bulan ramadhan nanti baik sebelum dan sesudah Idul Fitri, tidak ada lagi gesekan pertikaian dan senantiasa menjaga kondusifitas,” katanya.

Sementara itu Camat Bobotsari, Bambang Triyono SKM MSi melaporkan, persentase partisipasi pemilih di Pemilu 2019 di Bobotsari mencapai 78,2 % atau diatas target nasional. Kondisi pasca Pemilu sampai saat ini masih sangat kondusif.

“Terkait pembangunan di Desa Kalapacung, tahun ini APBDes sebesar Rp  1,4 miliar. Dana Desa diantaranya akan digunakan untuk membangun Rabat Beton, Talud, Drainase dan aspal jalan desa,” katanya.

Sedangkan di tingkat Kecamatan Bobotsari, beberapa infrastruktur yang akan dibangun tahun ini diantaranya jaringan irigasi di Desa Dagan, pemeliharaan berkala jalan Bobotsari – Serayu Larangan, Pembangunan Dam Parit di Desa Tlagayasa, dan pembangunan Pamsimas Desa Majapura. Terkait Posting APBDes semua desa di Kecamatan Bobotsari sudah melaksanakan.

“Progress penyaluran ADD tahap pertama 10 desa  sudah sampai di Bakeuda, sisanya masih di Dinpermasdes,” katanya.

Perihal capaian pertanian di Bobotsari tahun 2018, Ia melaporkan luas tanam padi seluas 2698 Ha dengan produktifitas 5,7 ton per Ha. Luas lahan panen jagung 205,5 Ha dengan produktifitas 5,92 ton per Ha. Luas penen kedelai 402 Ha dengan produktifitas 1,1 ton per Ha.(Gn/Humas)