PURBALINGGA, INFO- Pengabdian masyarakat di Desa dinilai lebih unggul dan tulus dalam membangun lingkungannya. Hal tersebut disampaikan R. Imam Wahyudi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Purbalingga saat memberikan sambutan mewakili Bupati Purbalingga pada acara penilaian kesatuan gerak PKK tingkat Provinsi Jawa Tengah di Balai Desa Kalitinggar Kidul, Selasa (1/10/2019).

Imam mengatakan, masyarakat Desa selama ini sangat guyub untuk membangun Desanya dengan ikhlas dan tidak dengan pamrih. Menurutnya, apa yang sudah dilakukan masyarakat Desa perlu dicontoh karena etos kerja masyarakat Desa adalah etos kerja yang berorientasi pada kemajuan Desa semata tanpa ada embel-embel lain.

“Masyarakat Desa ini justru patut dicontoh karena mereka tanpa pamrih membangun Desa dan guyub sekali,” kata Imam.

Bukan tanpa alasan, imam bertutur demikian karena Desa Kalitinggar Kidul dulunya adalah menjadi satu dengan Desa Kalitinggar hingga kemudian dimekarkan. Imam menambahkan, dengan pemekaran tersebut kedua Desa menjadi Desa yang cukup bagus karena lebih efektif dalam administrasi dan pengurusan pembangunannya.

“Dulu waktu itu saya jadi Kabag Tapem (Tata Pemerintahan) jadi tahu tentang pemekaran Desa ini. Dengan pemekaran ini kedua Desa semakin maju karena roda pemerintahan lebih efektif,” imbuhnya.

Untuk penilaian ajang kesatuan gerak PKK, Imam meminta kepada seluruh warga Kalitinggar Kidul bahwa hal itu harus menjadi evaluasi bagi seluruh warga untuk lebih berkontribusi di masyarakat. Dia mengingatkan menang kalah bukanlah hal utama pada penilaian tersebut karena yang utama adalah setelah hasil lomba keluar, semua warga Kalitinggar mampu bergotong-royong menutup kekurangannya.

“Menang kalah bukan jadi tujuan utama walau pun tentu saja kami berharap menang. Yang terpenting setelah hasilnya keluar, kita mampu bergotong royong memperbaiki kekurangan-kekurangan,” pungkasnya. (KP-4).