PURBALINGGA, INFO- Purbalingga kembali catat kesembuhan pasien positif Covid-19. Hal tersebut disampaikan Direktur RSUD Goetheng Taroenadibrata, Nonot Mulyono saat ditemui di kantornya, Senin (20/4/2020).

Nonot mengatakan, pasien berinisial WD asal Desa Karanggambas Kecamatan Padamara dinyatakan sembuh setelah melalui pemeriksaan Swab ulang dengan hasil negative. Pasien tersebut pada hari ini langsung diperbolehkan pulang ke Desanya dengan tidak dilakukan seremoni atau serah terima seperti yang dialami tiga pasien positif sembuh sebelumnya.

“Alhamdulillahi robbil ‘alamin pada hari ini ada lagi pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh atas nama WD asal Desa Karanggambas,” katanya.

Alasan tidak adanya serah terima seperti yang sebelumnya adalah atas rekomendasi dokter Paru RSUD Goetheng Taroenadibrata yang menyarankan tidak dilakukan karena dikhawatirkan dan sebagai langkah preventif kalau-kalau yang bersangkutan masih bisa menularkan virus. Pasien sembuh tersebut disarankan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari terlebih dahulu agar resiko yang ditimbulkan semakin terkurangi.

“Atas dasar dari dokter Paru kami, jangan dulu melakukan kontak dengan yang bersangkutan. Kami juga menyarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah sehingga resiko dapat dikurangi,” ujarnya.

Pasien positif tersebut dirawat selama 36 hari dan saat disinggung mengapa tidak 14 hari, Nonot menuturkan hal itu menunggu hasil Swab yang hasilnya bisa keluar dengan waktu tidak sebentar. Saat ini hanya ada 1 (satu) pasien postif Covid-19 yang dirawat di RSUD Goetheng Taroenadibrata dan pasien lain dengan rapid test positif juga sedang menunggu hasil Swab yang akan diumumkan beberapa hari lagi.

“Saat ini hanya ada satu yang dirawat disini dengan kepastian positif. Yang kemarin 25 positif itu baru rapid test sehingga untuk kepastiannya masih menunggu hasil Swab,” pungkasnya. (KP-4).