PURBALINGGA INFO – Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) mengukuhkan 30 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Purbalingga di Pendopo Dipokusumo, Senin (15/8) malam. 30 Paskibraka tersebut berasal dari SMA/ K se-Purbalingga yang telah menjalani serangkaian seleksi di sekolah masing-masing dan di tingkat kabupaten.

Upacara pengukuhan yang berlangsung secara khidmat juga dihadiri oleh Sekda Purbalingga, Ketua DPRD Purbalingga, Asisten 1, 2, dan 3 Setda Purbalingga, Kapolres Purbalingga, Danlanud JB Soedirman, Komandan Batalyon, Kepala Kejari, Kepala OPD. Suasana haru dan bangga terpancar dari para orang tua anggota Paskibraka yang juga mengikuti upacara tersebut.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Tiwi mengucapkan selamat kepada 30 Paskibraka yang telah terpilih melalui proses yang tidak mudah. Tiwi berpesan agar 30 Paskibraka tersebut bisa menjadi contoh generasi muda yang berjiwa Pancasila dan berakhlaqul karimah. Tiwi juga mengucapkan terima kasih kepada para orang tua dan pelatih atas dukungan dan bimbingannya.

“Adik-adik sekalian bisa menjadi contoh dan teladan bagi generasi muda Purbalingga, kalian semua merupakan generasi pilihan dan berkualitas, generasi yang berjiwa Pancasila dan berakhlaqul karimah,” ujarnya.

30 Paskibraka ini selanjutnya akan memasuki masa karantina di hotel Owabong hingga tanggal 18 Agustus 2022 mendatang. Pada saat pelaksanaan upacara bendera 17 Agustus 2022, 30 Paskibraka akan berkolaborasi dengan 52 Paskibraka dari TNI membentuk formasi pasukan 17, 8, dan 45 untuk mengibarkan sang saka Merah-Putih di Alun-alun Purbalingga.

Tiwi juga berharap ilmu yang selama ini diajarkan oleh para pelatih bisa dipraktekan dengan baik oleh para Paskibraka pada saat upacara bendera memperingati kemerdekaan RI ke 77 nantinya. Usai upacara pengukuhan, Bupati, jajaran Pemda, dan Forkopimda Purbalingga mengucapkan selamat dan menyalami satu per satu anggota Paskibraka.

“Mudah-mudahan ilmu yang telah diberikan bisa betul-betul dipraktekan oleh adik-adik semua anggota Paskibraka, sehingga momentum upacara bendera di tanggal 17 Agustus nanti bisa berjalan dengan sukses dan juga lancar,” pungkasnya. (fph/kominfo)