PURBALINGGA INFO- Kemerdekaan yang diproklamirkan pada 17 Agustus 1945 adalah untuk seluruh rakyat Indonesia bukan hanya untuk satu golongan. Hal tersebut disampaikan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat membacakan sambutan Jawa Tengah dalam acara upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di alun-alun Purbalingga, Rabu (17/8/2022).

Dia mengatakan, pendiri bangsa atau founding father Indonesia memiliki latar belakang yang berbeda namun memiliki kesamaan tujuan yaitu kemerdekaan Indonesia. Menurutnya, jika saja para pendiri bangsa tersebut kukuh mempertahankan pendapatnya dengan trigger latar belakang, maka bangsa Indonesia belum akan seperti sekarang.

“Akan tetapi mereka memiliki cita-cita sama yaitu kemerdekaan Indonesia. Jika masalah dapur kita sebagai bangsa belum selesai, maka akan sulit untuk melakukan sesuatu demi kemajuan bangsa,” katanya.

Dia juga mengilustrasikan seorang KH Agus Salim yang tidak sedikitpun luntur keimanannya karena bergaul dengan non muslim yang sekaligus seorang sosialis. Dirinya menyayangkan masih ada pihak yang mempermasalahkan perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan padahal negara telah memberikan kebebasan dan hak seluas-luasnya untuk memeluk agama dan keyakinannya.

“Kenapa kita memasang kawat berduri perbedaan. Lagi-lagi kuncinya adalah jasmerah, jangan sekali-kali melupakan sejarah,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia berada dalam puncak kepemimpinan walaupun berada di tengah tantangan zaman dan dunia. Dinamika global mampu dihadapi dengan baik sehingga bangsa Indonesia bisa bertahan menghadapi segala permasalahan yang ada.

“Capaian ekspor Jawa Tengah berada di angka 1,1 Milyar USD. Segala capaian itu bisa kita pertahankan dan tingkatkan jika kita semua bisa berkawan dan berdamai,” tuturnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Purbalingga Sudono, Ketua DPRD HR Bambang Irawan dan unsur Forkopimda serta tamu undangan dari berbagai elemen masyarakat. Pertunjukan seni dan pemberian penghargaan juga mewarnai khidmatnya rangkaian upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 Purbalingga itu. (LL/Kominfo)