PURBALINGGA, INFO – Untuk menjaga kesehatan dan menghilangkan kepenatan sebelum melaksanakan ibadah haji di tanah suci, jamaah haji kloter 71 Kabupaten Purbalingga mengikuti kegiatan senam bersama. Hal tersebut disampaikan oleh Sukarman, pendamping haji kloter 71 saat dihubungi melalui pesan singkat WA, Kamis (22/6).

Sukarman mengatakan secara umum kondisi kesehatan jamaah haji kloter 71 sehat dengan pengecekan kesehatan dilakukan dengan dua acara, yakni mendirikan pos kesehatan di setiap hotel dan visitasi rutin ke setiap kamar. Di kloter 71 sendiri lanjutnya, terdiri dari 71 jamaah asal Kabupaten Cilacap dan 281 dari Kabupaten Purbalingga.

“Kami tugasnya visitasi rutin ke kamar jamaah lansia karena beberapa kali ditemukan demensia atau disorientasi atau kebingungan, sehingga terus kita berikan pengertian,” ujarnya.

Dia melanjutkan, jamaah kloter 71 sudah melaksanakan umroh wajib dan saat ini dianjurkan untuk menyimpan tenaga guna pelaksanaan haji besar di Arofah, Musdalifah, Mina, dan kembali ke Mekkah untuk Towaf dan Sa’i. Dengan suhu antara 44-46 derajat Celsius, jamaah dianjurkan untuk melakukan aktifitas di hotel saja.

“Kumpul dan senam bersama bisa menghilangkan kepenatan dan menghibur sekaligus menjaga kesehatan sebelum pelaksanaan haji besar,” pungkasnya. (fph/kominfo)