Dinhubkominfo Kabupaten Purbalingga melakukan asistensi pendaftaran domain resmi untuk Pemerintah Desa dengan cara mendatangi secara langsung Desa-desa yang sampai saat ini belum mendaftar domain desa.id.
Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi tentang kendala maupun alasan mengapa sampai saat ini Pemerintah Desa belum mendaftar domain desa.id, selain itu pada kesempatan kunjungan ke Desa juga dijelaskan tentang persyaratan pendaftaran dan manfaat maupun tujuan pembuatan website yaitu sebagai bentuk implementasi Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik.

Sementara itu Kepala Dinhubkominfo Kabupaten Purbalingga Yonathan Eko Nugroho menjelaskan ” kami Dinhubkominfo Kabupaten Purbalingga telah melaksanakan sosialisasi dan pembentukan Agen Perubahan Informatika yang kemudian ditindaklanjuti dengan fasilitasi pendaftaran domain desa.id, namun demikian sampai saat ini baru 20an desa yang mendaftar. Kami juga telah membuat Surat Edaran Bupati tentang domain resmi, namun hasilnya sampai saat ini belum maksimal.
Untuk itu kami menugaskan beberapa personil untuk asistensi secara langsung kepada Desa-Desa yang belum mendaftar.

Sementara itu salah satu Desa yang dikunjungi oleh Dinhubkominfo yqitu Kepala Desa Dawuhan Hendaryono menyambut baik program ini dan langsung memerintahkan kepada salah satu Kepala Urusan untuk mencatat dan melengkapi persyaratan selanjutnya mendaftarkan domain desa.id

Dalam kesempatan yang berbeda, Kepala Desa Karangreja Kecamatan Karangreja Sujarwo “menyambut baik dan langsung menyerahkan. Persyaratan berupa SK Penetapan Kepala Desa, SK Perangkat, Surat Kuasa dan surat permohonan desa.id untuk selanjutnya di daftarkan penggunaan domain Karangreja.desa.id

Kedepan Dinhubkominfo Kabupaten Purbalingga berencana akan melaunching 100 domain.id yang difasilitasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam hal ini Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika.
Domain yang akan di launching terdiri dari domain untuk Sekolah sch.id, domain untuk Desa desa.id, domain untuk organisasi /komunitas or.id dan domain untuk UMKM co.id. (*kominfo Pbg)