PURBALINGGA, INFO – Sebanyak 717 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Purbalingga, Minggu (26/5) dilantik di Indragiri Hall Komplek Hotel Owabong Bojongsari. Perasaan senang diungkapkan oleh Dwy Raharjo, anggota PPS Desa Serayu Karanganyar Kecamatan Mrebet.
Dia juga merasa bangga nantinya bisa memberikan kontribusi dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang. Hal senada juga diungkapkan oleh Cikal Ages Putri, anggota PPS Desa Penaruban Kecamatan Bukateja yang berharap bisa menjalankan tugas dengan baik.
“Harapannya nanti selama proses berjalan dengan baik tidak ada kesalahan ataupun kekeliruan dalam menjalankan tugas,” ungkapnya.
Ketua KPU Kabupaten Purbalingga, Zamaahsari mengatakan anggota PPS di 239 desa/ kelurahan masing-masing berjumlah 3 orang. Sebelumnya KPU melalui PPK di masing-masing kecamatan telah melakukan seleksi terhadap 1178 pendaftar yang meliputi seleksi CAT dari KPU Pusat dilanjutkan wawancara.
Zamzam menambahkan, sebelumnya KPU telah memberikan pengarahan kepada 717 anggota PPS tentang pemetaan TPS yang maksimal sudah terbentuk pada tanggal 29 Mei 2024. Dia juga mengatakan anggota PPS harus memiliki kualifikasi antara lain pengetahuan tentang Pemilu, berintegritas, serta pengalaman dan pendidikan.
Sekretaris Daerah (Sekda) Purbalingga, Herni Sulasti berpesan agar 717 anggota PPS tersebut menjalankan tugas dengan benar, penuh tanggungjawab dan dedikasi, serta berintegritas. Dia juga berharap penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2024 ini dapat berjalan dengan aman, tertib, dan damai serta menghasilkan Pemilu yang bermartabat dan berkualitas.
“Saya juga berpesan kiranya seluruh anggota PPS dalam melaksanakan tugasnya harus netral dan tidak diskriminatif,” pungkasnya. (fph/kominfo)