PURBALINGGA, INFO – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Purbalingga, Mukodam beraudiensi dengan Perkumpulan Pencinta Sanggul Nusantara, Rabu (5/6) di Ruang Rapat Bupati. Mukodam mengatakan Kabupaten Purbalingga memiliki beberapa pengrajian sanggul yang berada di Desa Wisata Karangbanjar Kecamatan Bojongsari.

Dia menambahkan, produsen sanggul yang berbasis industri rumah tangga tersebut sudah memproduksi sanggul, konde, dan gelung cepol dengan berbagai variasinya sejak sebelum tahun 1976. Kemudian di tahun 1976 ada pengusaha asal Korea Selatan yang mengajak kerja sama dan menjadi cikal bakal PT. Royal Korindah.

“Khusus untuk sanggul atau gelung cikal bakalnya di Desa Karangbanjar, bahan bakunya dari rambut asli,” ujarnya.

Ninoek W Sunaryo, Ketua Umum Perkumpulan Sanggul Nusantara mengatakan sejak tahun 2023 lalu pihaknya mengadakan event Festival Sanggul Nusantara Roadshow di 6 kota besar yakni Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Solo, Semarang, dan Surabaya. Pada tahun 2024 ini pihaknya akan kembali mengadakan event tersebut dan berharap kick off bulan Agustus di Kabupaten Purbalingga.

“Harapan kami, kita akan melalukan kick off di Purbalingga sekaligus kita mengenalkan desa wisata sanggul dan kerja sama pendistribusian sanggul,” pungkasnya. (fph/kominfo)