PURBALINGGA INFO – Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup dan memasyarakatkan budaya hidup sehat, Puskesmas Mrebet mengadakan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di lapangan Desa Sindang, Jumat (28/6/24). Acara ini melibatkan berbagai kegiatan seperti senam bersama, makan buah bersama, serta pemeriksaan kesehatan gratis.

Kalimah, warga Desa Sindang, merasa sangat terbantu dengan adanya pemeriksaan Kesehatan gratis. Dari hasil pemeriksaan kesehatan, diketahui bahwa Kalimah memiliki kadar asam urat yang tinggi.

“Biasanya saya tidak pernah periksa kesehatan. Alhamdulillah, sekarang saya tahu kondisi kesehatan saya. Asam urat saya tinggi, nanti akan dilanjutkan periksa di puskesmas,” ujarnya.

Dinar Wisnu Mulyanti, petugas kesehatan dari Puskesmas Mrebet, menjelaskan bahwa pemeriksaan yang diadakan meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan laboratorium sederhana seperti gula darah sewaktu, dan screening kejiwaan.

“Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk memantau penyakit-penyakit tidak menular yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat seperti hipertensi dan diabetes. Kami menyediakan sekitar 200 hingga 300 pemeriksaan,” kata Dinar.

Pemeriksaan Kesehatan gratis, menurut Dinar, sudah rutin dilakukan Puskesmas Mrebet baik di desa, institusi, maupun di sekolah-sekolah.

“Dengan adanya pemeriksaan ini, kami berharap bisa mendeteksi penyakit tidak menular lebih awal. Jika diketahui ada tekanan darah atau gula darah yang tinggi, pasien bisa langsung diobati atau dirujuk ke Puskesmas untuk pemeriksaan lebih lanjut,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Purbalingga juga menggandeng Rumah Sakit Nirmala Purbalingga untuk turut serta melakukan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat. Pita, Marketing dari Rumah Sakit Nirmala Purbalingga, menyatakan bahwa keikutsertaan RS Nirmala adalah bentuk kepedulian dan kontribusi mereka untuk ikut meningkatkan kesehatan masyarakat Purbalingga.

“Kami ingin berkontribusi dan membantu masyarakat di Purbalingga agar lebih sadar akan masalah kesehatan mereka sendiri. Di sini kami menyediakan cek tensi, gula darah, dan asam urat. Harapannya, masyarakat di Purbalingga semakin peduli dengan kesehatannya dan menjaga kesehatan mereka dengan lebih baik. Target kami adalah 100 pemeriksaan, dan hingga saat ini baru sekitar 50 yang sudah dilakukan,” katanya.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), yang turut hadir, menyampaikan apresiasinya kepada kader Kesehatan Puskesmas Mrebet yang selalu membantu program pemerintah. Menurutnya kader kesehatan adalah ujung tombak Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

“Mudah mudahan giat Germas ini bisa bermanfaat di dalam menyehatkan warga masyarakat khususnya yang ada di Desa Sindang. Yang berikutnya hari ini Bu Tiwi hadir dalam rangka memberikan semangat, motivasi kepada para kader kader kesehatan yang ada di Puskesmas Mrebet, yang selama ini telah sangat luar biasa membantu apa yang menjadi program program kesehatan pemerintah Kabupaten Purbalingga,” ungkapnya.

Selain itu, pada kesempatan yang sama Bupati Tiwi juga meresmikan Gedung Kelompok Bermain (KB) yang baru dibangun oleh Pemerintah Desa Sindang menggunakan Dana Desa.(dhs/Kominfo)