PURWOKERTO – Pemerintah Kabupaten Purbalingga mendapat apresiasi dari Bank Indonesia (BI) sebagai Pemerintah Daerah Pendukung Ekspor UMKM Terbaik, Sabtu (20/7/2024) di Kabupaten Banyumas. Apresiasi diterima oleh Wakil Bupati H Sudono melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda, Mukodam dari Kepala Kantor Perwakilan BI Purwokerto.

“Terima kasih kepada Bank Indonesia atas apresiasinya. Terima kasih kepada para pelaku usaha dan ekonomi lokal di Purbalingga, mudah-mudahan ke depan bisa selalu meningkatkan ekspor agar nanti kita bisa berkontribusi meningkatkan perekonomian daerah dan nasional,” kata Wabup Sudono usai menerima apresiasi dalam acara Karya Kreatif Serayu (KKS) 2024 yang diselenggarakan di Kompleks Menara Teratai Purwokerto ini.

Ia menambahkan, penghargaan ini membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Purbalingga terus berupaya mendukung ekspor dan menciptakan iklim yang kondusif untuk investasi dan dunia usaha. Ia menyatakan, Pemkab Purbalingga akan terus mendorong pelaku usaha agar bisa ekspor.

“Semoga ini menjadi penyemangat, produk Purbalingga semakin banyak yang bisa ekspor dan bisa mendunia,” ujarnya.

Untuk diketahui, sejumlah komoditas dari Purbalingga yang berhasil menembus pasar luar negeri antara lain : bulu mata palsu, gula kelapa kristal, sapu, abon sapi, lada dan sebagainya. Selain memberi apresiasi Purbalingga sebagai Pemerintah Daerah Pendukung Ekspor UMKM Terbaik, BI juga memberikan penghargaan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lembah Asri Serang sebagai Pokdarwis dengan Optimalisasi QRIS Terbaik.

Kepala Perwakilan BI Purwokerto, Christoveny menyampaikan Inflasi di wilayah eks-Karesidenan Banyumas sepanjang Semester I 2024 terkendali dalam rentang target sasaran 2,5 ± 1 persen. Ekonomi di wilayah eks-Karesidenan Banyumas terutama didukung industri pengolahan, perdagangan, dan pertanian yang pelaku usahanya didominasi UMKM.

“Peningkatan pertumbuhan ekonomi dengan dukungan stabilitas inflasi, perlu terus didorong melalui peningkatan pengembangan UMKM melalui sinergitas dan kolaborasi berbagai pihak salah satunya melalui penyelenggaraan KKS,” katanya.

KKS 2024 merupakan acara dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Gerakan Bangga Berwisata Indonesia, Festival Keuangan Digital Indonesia, Festival Rupiah Berdaulat Indonesia dan Karya Kreatif Indonesia 2024. KKS 2024 merupakan Flagship Program dari sinergi antara KPW BI Purwokerto bersama Pemda Banyumas, Purbalingga, Cilacap dan Banjarnegara

“KKS 2024 akan dilaksanakan 2 hari, Sabtu – Minggu, 20 – 21 Juli 2024. Dalam Showcase UMKM menghadirkan 100 UMKM 4 kabupaten di Banyumas Raya dengan menampilkan food, fashion, ekonomi kreatif yang tentunya telah melalui proses kurasi dan kualitas yang pasti terjamin,” katanya.(Gn/Prokompim)