PURBALINGGA – Dalam rangka Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2024/2025, sejumlah sekolah melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), tak terkecuali SDN 1 Purbalingga Lor. MPLS dimulai pada Senin (22/7/2024), dan berlangsung hingga 3 hari ke depan.

MPLS merupakan suatu masa untuk anak mengenal lingkungan sekolah barunya.
Hal tersebut disampaikan oleh Kepala SDN 1 Purbalingga Lor, Riono, ketika ditemui pada hari pertama MPLS SDN 1 Purbalingga Lor.

“Hari ini adalah hari pertama masuk sekolah. Murid-murid kelas 1 yang baru tentu belum saling mengenal teman sekelasnya satu sama lain, maka pengenalan oleh Bapak dan Ibu Guru akan dilakukan di hari pertama ini,” terangnya.

Untuk hari pertama ini, lanjutnya menjelaskan, wali murid pun masih diperbolehkan untuk mengantar dan menunggu siswa kelas 1 yang mengikuti MPLS. Namun di hari ke dua dan ketiga, diharapkan para siswa kelas 1 sudah semakin mengenal lingkungan sekolah dan makin akrab dengan teman-teman sekelasnya.

MPLS diikuti oleh sejumlah 62 siswa baru yang terbagi menjadi 2 kelas yakni 1A dan 1B. Kegiatan belajar dan mengajar pun diharapkan bisa berjalan efektif setelahnya.

“Kami targetkan setelah hari ketiga MPLS bisa langsung diterapkan pembelajaran efektif agar tidak membuang waktu yang ada bagi para murid,” ujar Kepala Sekolah SDN 1 Purbalingga Lor.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu wali murid kelas 1 SDN 1 Purbalingga Lor, Yayu, merasa senang karena anaknya bersemangat menjalani hari pertama  di SDN 1 Purbalingga Lor.

“Saya sebagai wali murid merasa percaya kepada SDN 1 Purbalingga Lor dan mohon anak kami dibimbing dengan baik oleh Bapak dan Ibu Guru,” tutupnya. (GIN/Kominfo)