PURBALINGGA INFO – Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, menerima bantuan Ambulans Siaga dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Penyerahan dilakukan langsung oleh Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), dalam acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kader Kesehatan Puskesmas Rembang di lapangan Desa Bantarbarang, Senin (29/7/24).

Kepala Desa Bantarbarang, Mistrianti, menyampaikan bahwa bantuan mobil siaga ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa, terutama dalam memberikan pelayanan cepat tanggap.

“Harapan kami ke depan terkait dengan bidang kesehatan, masyarakat kami yang membutuhkan pelayanan cepat tanggap, terutama bagi ibu yang akan melahirkan bisa memanfaatkan ambulans ini. Karena di Desa Bantarbarang, ada daerah yang terpencil dan jaraknya jauh, kehadiran mobil siaga ini akan sangat membantu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Rembang, Isdiarto, mengungkapkan bahwa angka prevalensi stunting di Kecamatan Rembang pada tahun 2024 mengalami penurunan menjadi 9,16%.

“Penurunan angka stunting ini merupakan prestasi bagi seluruh masyarakat Kecamatan Rembang,” kata Isdiarto.

Acara Germas Kader Kesehatan Kecamatan Rembang diisi dengan berbagai kegiatan seperti senam bersama, makan buah dan sayur bersama, serta pemeriksaan kesehatan gratis. Menurut Isdiarto, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjadikan masyarakat mandiri dalam bidang kesehatan. Dia menambahkan bahwa Puskesmas Rembang juga rutin mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat melalui Posbindu.

“Cek kesehatan melalui Posbindu diharapkan dapat memantau status kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), didampingi Ketua DPRD Purbalingga HR Bambang Irawan, Asisten Sekda, serta Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tiwi menyampaikan bahwa Ambulans Siaga adalah milik masyarakat Desa Bantarbarang. Ia berharap ambulans ini dapat bermanfaat dan membantu pelayanan di bidang kesehatan agar menjadi lebih responsif dan cepat.

“Ambulans ini adalah sebagai bentuk pelayanan agar bisa membantu pelayanan di bidang kesehatan menjadi lebih responsif dan cepat lagi. Oleh karenanya, saya serahkan ambulans ini semoga bisa memberikan manfaat untuk warga masyarakat. Yang penting masyarakat harus sehat,” ujar Bupati Tiwi.

Bupati Tiwi juga memberikan semangat dan motivasi kepada para kader kesehatan di Kecamatan Rembang, serta mengapresiasi peran besar mereka dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Purbalingga. Bupati Tiwi juga mengucapkan terima kasih kepada kader kesehatan yang telah membantu program kesehatan Pemerintah Kabupaten Purbalingga dan berjanji bahwa pemerintah akan terus memperhatikan kesejahteraan kader kesehatan di masa depan.

“Terbukti angka stunting di Kecamatan Rembang yang tadinya di atas 10 persen, Alhamdulillah di tahun ini bisa turun di bawah 10 persen. Ini tidak terlepas dari kerja keras para kader termasuk dukungan dari Kepala Desa di Kecamatan Rembang,” katanya. (dhs/Kominfo)