PURBALINGGA INFO – Masyarakat Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Kertanegara antusias mengikuti kegiatan Germas Kader Kesehatan di lapangan Desa Margasana, yang diadakan oleh Puskesmas Karangtengah dan Puskesmas Karanganyar, Selasa (30/7/24). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjalankan pola hidup sehat. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir dan berpartisipasi.

Kepala Puskesmas Karangtengah, Nursyarifah Widiasih, didampingi Kepala Puskesmas Karanganyar, Arif Hidayah, menjelaskan bahwa berbagai aktivitas digelar dalam acara ini, mulai dari senam massal, pemeriksaan kesehatan gratis, hingga penyuluhan mengenai pentingnya pola makan seimbang dan aktivitas fisik rutin.

Acara ini turut dihadiri oleh Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), yang memberikan semangat dan motivasi kepada para kader kesehatan dari Puskesmas Karanganyar dan Puskesmas Karangtengah. Dalam sambutannya, Bupati Tiwi mengapresiasi peran besar kader kesehatan dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Purbalingga dan berjanji bahwa pemerintah akan terus memperhatikan kesejahteraan mereka di masa depan.

“Kader kesehatan selama ini merupakan ujung tombak dari keberhasilan program kesehatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga,” kata Bupati Tiwi.

Bupati Tiwi juga menekankan pentingnya peran kader kesehatan untuk terus mensosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat, dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur, berolahraga rutin, melakukan pemeriksaan kesehatan rutin, menghindari asap rokok, dan istirahat yang cukup.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tiwi juga melaunching Posyandu Remaja di Desa Karangasem dan Desa Karangtengah, Kecamatan Kertanegara, serta launching Jumantik (Juru Pemantau Jentik) di Desa Maribaya, Kecamatan Karanganyar.

Berbagai penghargaan juga diberikan dalam acara ini, termasuk penghargaan Desa dengan PSM Tergiat kepada Desa Condong dan Desa Maribaya, Desa dengan prevalensi stunting terendah kepada Desa Margasana dan Desa Kaliori, serta Desa dengan kasus DBD terendah kepada Desa Adiarsa dan Desa Banjarkerta.

Para peserta juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis seperti pemeriksaan gula darah dan tekanan darah di stand Posbindu PTM untuk pemantauan dan pencegahan penyakit tidak menular. (dhs/Kominfo)