PURBALINGGA INFO – Kecamatan Karangmoncol berhasil mencatatkan angka prevalensi stunting sebesar 9,5 persen, sesuai dengan target yang ditetapkan Bupati Purbalingga untuk menekan angka stunting di bawah 10 persen. Hal ini disampaikan oleh Kepala Puskesmas Karangmoncol, Sutrisno, pada acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kader Kesehatan Puskesmas Karangmoncol yang dilaksanakan di lapangan Desa Baleraksa, Jumat (2/8/24).

Selain itu, angka kematian ibu di Wilayah kerja Puskesmas Karangmoncol juga menunjukkan hasil yang menggembirakan. “Kemudian angka kematian ibu di Kecamatan Karangmoncol juga tidak ada,” tambahnya.

Sutrisno mengungkapkan bahwa keberhasilan ini berkat kerjasama lintas sektoral, mulai dari kepala desa hingga kader kesehatan. “Program-program kesehatan mari kita dukung bersama untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Purbalingga, khususnya Kecamatan Karangmoncol,” ujarnya.

Berbagai penghargaan juga diberikan dalam kegiatan ini, salah satunya kepada Desa Tamansari sebagai desa dengan angka stunting terendah di Kecamatan Karangmoncol. Bidan Desa Tamansari, Siti Marfuah, melaporkan bahwa angka prevalensi stunting di Desa Tamansari saat ini sebesar 6,3 persen, atau 30 anak dari 478 anak.

“Dukungan dari desa sangat besar, terutama melalui kelas ibu hamil dan balita. Kami juga bekerja sama dengan organisasi keagamaan seperti Fatayat Muslimat untuk mengadakan sosialisasi tentang Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA). Selain itu, bantuan jamban dan Program Makanan Tambahan (PMT) untuk ibu hamil dari puskesmas dan desa sangat membantu,” jelas Siti Marfuah.

Desa Tamansari juga memberikan bantuan melalui Dana Desa berupa sepasang ayam untuk 100 warga. Telur yang dihasilkan nantinya dapat dimanfaatkan sebagai tambahan protein bagi keluarga, terutama ibu hamil dan penderita TBC.

“karena tingkat TBC yang tinggi juga mempengaruhi lingkungan. Alhamdulillah, dana desa sangat membantu (mengatasi masalah stunting),” tambahnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Purbalingga Sudono didampingi Asisten Sekda, Kepala OPD, Camat Karangmoncol dan Forkopimcam. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Purbalingga, Suroto, mewakili Wakil Bupati Purbalingga Sudono, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas peran serta kader kesehatan Kecamatan Karangmoncol dalam pembangunan bidang kesehatan.

“Alhamdulillah, angka stunting di Kecamatan Karangmoncol sudah satu digit. Ini bukan hasil karya pemerintah daerah saja, tapi hasil kerja keras teman-teman kader kesehatan. Mari kita teruskan prestasi yang sangat baik ini,” tuturnya. (dhs/Kominfo)