PURBALINGGA INFO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Purbalingga mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) untuk persiapan pelaksanaan kegiatan Gebrak Gotong Royong dan Pembagian Bendera Merah Putih yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2024 di Desa Binangun, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga.

Rakor yang diadakan di Aula Desa Binangun pada Rabu (7/8/24), dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat Mrebet, serta Kepala Desa dan perangkat Desa Binangun. Mereka berdiskusi untuk mempersiapkan dua agenda penting yang akan dilaksanakan secara bersamaan.

“Kegiatan Gebrak pada tanggal 9 Agustus 2024 ini dirangkaikan dengan pembagian bendera merah putih dalam suasana kemerdekaan,” ungkap Eni Sosiatman saat memimpin rapat koordinasi.

Dalam kegiatan ini, masyarakat akan bergotong royong membuka jalan di Dusun 2 sepanjang sekitar 200 meter dengan lebar 3 meter. Saat ini, lokasi lahan masih berupa kebun, dan nantinya akan diubah menjadi jalan yang memberikan akses ke permukiman warga.

“Kegiatan ini akan membantu warga masyarakat terdekat agar tidak perlu terlalu jauh untuk keluar dari komplek permukiman mereka,” tambah Eni.

Selain gotong royong membuka jalan, rangkaian acara Gebrak akan mencakup penyerahan bansos, senam bersama, serta pembagian doorprize. “Penyerahan bantuan pertanian juga akan dilakukan dalam acara Gebrak Gotong Royong, dan diharapkan adanya kesenian untuk menarik perhatian masyarakat,” terang Eni.

Sekretaris Bakesbangpol, Kustinah, yang mewakili Kepala Bakesbangpol, menyampaikan bahwa kegiatan pembagian bendera merah putih ini merupakan tindak lanjut dari surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. Sebanyak 2000 bendera merah putih akan didistribusikan kepada masyarakat Desa Binangun.

“Secara nasional, ada gerakan pembagian 10 juta bendera,” ujar Kustinah.

Kegiatan pembagian bendera merah putih juga akan melibatkan pengumpulan massa dari masyarakat dan siswa sekolah dengan membawa bendera yang dibentangkan serta dilengkapi atribut topi merah dan putih yang akan membentuk formasi huruf NKRI. (Ady/Kominfo)