PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) mencanangkan Bulan Daya Saing. Dalam momen ini, sejumlah 34 Juru yang terdiri dari 17 Juru Takar dan 17 Juru Timbang resmi dikukuhkan pada Senin (12/8/2024). Seluruh Juru Takar dan Juru Timbang tersebut mengemban amanah di sejumlah 18 SPBU dan 21 Pasar rakyat di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Bulan Daya Saing yang sekaligus menyemarakkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI menjadi momentum untuk kemajuan perindustrian dan perdagangan di Kabupaten Purbalingga. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinperindag Purbalingga, Johan Arifin.

“Tujuan adanya Juru Takar dan Juru Timbang adalah adanya partisipasi dan peran aktif yang mampu menjaga ketertiban ukur di pasar rakyat dan SPBU. Jika ada niat baik dari para pelaku usaha untuk memastikan alat takarnya sesuai ketentuan, maka tidak mustahil Purbalingga bisa meraih kembali predikat Daerah Tertib Ukur” ujarnya.

Dengan adanya Bulan Daya Saing, lanjutnya menjelaskan, terdapat pula pelatihan gula kelapa, eco print, dan kerajinan glagah. Ia berharap, pencanangan Bulan Daya Saing mampu meningkatkan daya saing bagi aparatur dan IKM Logam Kabupaten Purbalingga serta meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Kabupaten Purbalingga Herni Sulasti memberikan apresiasi berkat adanya niat baik, kerja keras, dan sinergitas dari semua pihak termasuk para pelaku usaha.

“Sinergitas antara Dinperindag dengan pelaku usaha menjadi bukti bahwa masyarakat sebagai konsumen bisa terjamin keamanannya dan tidak dibohongi,” tutur Sekda.

Juru Timbang dan Juru Takar, lanjut Sekda menjelaskan, diberi amanah untuk menertibkan ukuran dan takaran sesuai unitnya masing-masing dan dengan adanya predikat Daerah Tertib Ukur tentu mampu memperkuat kepercayaan masyarakat.

Selain itu, salah satu Juru Timbang STA Kutabawa Wachyu Wibowo turut berterima kasih kepada seluruh pihak khususnya Pemkab Purbalingga.

“Terima kasih sudah mengajak kami bergabung di Metrologi Legal sebagai Juru Timbang.
Kami akan tetap semangat, disiplin, kompak bekerja sama menjalankan tanggung jawab dengan baik.” tutupnya. (GIN/Kominfo)