PURBALINGGA – Dalam rangka memeriahkan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI, Pemerintah Purbalingga menggelar lomba tumpeng yang diikuti oleh 306 kelompok dengan masing2 kelompok membuat 6 tumpeng. Satu tumpeng untuk dilombakan dan lima tumpeng kecil dibawa saat parade berkebaya sebelum makan tumpeng bersama di Alun-alun Purbalingga, Minggu (18/8/2024)

”Selain memperingati HUT Kemerdekaan RI, kegiatan ini juga dalam rangka memperingati hari kebaya nasional yang jatuh pada tanggal 24 Juli yang lalu,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Purbalingga Herni Sulasti.

Lomba tumpeng ini diikuti oleh berbagai organisasi maupun kelompok wanita di Kabupaten Purbalingga antara lain dari TP PKK, DWP, Bhayangkari, Persit, Adhyaksa Dharmakarini, Dharmayukti Karini, Pia Ardhya Garini, Aisyah, Muslimat NU, IW Bank Jateng, dan Iwabri.

”Dari Dharma Wanita Persatuan OPD hadir sebanyak 34 kelompok, TP PKK kecamatan sebanyak 18 kelompok, serta 239 kelompok TP PKK desa/kelurahan se-Kabupaten Purbalingga,” jelasnya.

Herni berterimakasih kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini karena menurutnya hal ini adalah merupakan wujud semangat kebersamaan dan guyub rukun di Kabupaten Purbalingga.

”Mari bersama hari ini kita uri-uri budaya tumpeng dan kebaya yang merupakan budaya asli Indonesia,” tuturnya.

Di hari yang sama tim juri mengumumkan pemenang lomba tumpeng tersebut dengan dua kategori yaitu kategori TP PKK Kecamatan dan Organisasi Wanita serta kategori TP PKK Desa/Kelurahan. Berikut data pemenang lomba tiap kategori :

Kategori Kecamatan dan Organiasasi

  • Juara 1 : Kecamatan Kutasari
  • Juara 2 : Bhayangkari
  • Juara 3 : Kecamatan Kalimanah

Kategori TP PKK Desa/Kelurahan

  • Juara 1 : Desa Pekiringan, Kecamatan Karangmoncol
  • Juara 2 : Desa Penaruban, Kecamatan Kaligondang
  • Juara 3 : Desa Karangsentul, Kecamatan Padamara

(an/komin)