Purbalingga –  Lampu Meja Garuda yang menjadi souvenir Tamu VVIP pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara (IKN) ternyata hasil karya pengrajin Purbalingga. Lampu eklusif bergambar Burung Garuda dan Pohon Bodi itu dibuat oleh Kie Pemuda Seni (Kie Art), Desa Sidareja, Kaligondang.

“Alhamdulilah, karya anak muda Purbalingga diakui di tingkat nasional dan disajikan sebagai souvenir dalam momen yang bersejarah untuk tamu-tamu kenegaraan,” ujar Slamet Santosa founder Kie Art, Slamet Santosa, Kamis (22/08/2024).

Pihaknya mendapatkan pesanan sejumlah 3000 buah souvenir spesial tersebut. “Kami mengerjakan dalam waktu satu bulan penuh dan bersyukur bisa selesai tepat waktu,” imbuhnya.

Slamet menyebutkan pihaknya berkolaborasi dengan desain batik nasional Era Soekamto untuk desainnya. Sedangkan dalam pengerjaan dilakukan sepenuhnya oleh pemuda-pemudi Purbalingga.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Rizal Diansyah mengapresiasi capaian Kie Art. Menurutnya, hal itu patut didorong dan dikembangkan menjadi produk unggulan Purbalingga.

“Kami, pemerintah kabupaten, tentu akan memfasilitasi kreatifitas untuk lebih baik lagi ke depannya,” katanya saat berkunjung ke Kie Art.

Lebih lanjut, Ketua Dekranasda menugaskan DinkopUKM dan Bagian Perekonomian selaku Sekretariat Dekranasda untuk terus mendampingi para pengrajin agar terus berkembang dan semakin luas pemasarannya. (Perekonomian/Setda)