PURBALINGGA, INFO – Guna memfasilitasi para siswanya, SMK Negeri Jawa Tengah yang berada di Kabupaten Purbalingga mengadakan acara Job Edu Fair selama dua hari, Rabu-Kamis (28-29/8). Kepala SMKN Jateng, Budi Rahwanto mengatakan acara yang diadakan di SMKN Jateng tersebut diikuti oleh 26 perusahaan dan perguruan tinggi.

Dalam acara tersebut, lanjut Budi, para siswa dan alumni bisa langsung mendaftar pekerjaan ataupun kuliah secara luring dan daring. Tidak hanya untuk siswa-siswi SMKN Jateng, menurut Budi, pihaknya juga mengundang SMA dan SMK yang ada di wilayah Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya, serta para pencari kerja.

“Job Edu Fair SMKN Jateng merupakan salah satu program untuk memfasilitasi untuk bisa bermitra dengan para dunia industri dan kampus untuk ikut serta berperan bagi para alumni dan anak-anak yang ingin mencari kerja,” ungkapnya.

Pembukaan Job Edu Fair di SMKN Jateng Purbalingga

Selain memfasilitasi untuk melamar pekerjaan, acara tersebut juga menggandeng Dinas Tenaga Kerja (Dinnaker) Kabupaten Purbalingga untuk pembuatan kartu AK1 (Kartu Kuning/ Surat Pencari Kerja). Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Dindik) Jateng Wilayah 9, Nikmah Nurbaity mengapresiasi acara yang memudahkan para siswa untuk meraih masa depan.

Dia berpesan kepada para siswa untuk mempersiapkan diri dengan kompetensi yang baik, karakter yang kuat yang telah dibekali para guru selama masa Pendidikan, dan meraih peluang dalam acara tersebut. Dia juga memotivasi para siswa untuk memiliki hardskill, softskill, dan menguasai bahasa asing yang akan membedakan dengan pelamar lain.

“Semangat kerja dan etos kerja harus selalu dipelihara. Integritas, kejujuran, dan akhlak yang baik menentukan keberhasilan kita,” pungkasnya. (fph/kominfo)