PURBALINGGA INFO – Sebanyak 149 regu dari berbagai unsur masyarakat turut memeriahkan perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengikuti Pawai Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga. Pawai yang mengusung tema “Gebyar Bumi Pertiwi yang Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan” ini berlangsung meriah pada Sabtu (31/8/24).

Tema tersebut merupakan wujud semangat dalam upaya melestarikan budaya Indonesia. Peserta pawai berasal dari berbagai elemen masyarakat, termasuk instansi pemerintah, Kecamatan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Sekolah (SMP/MTs,SMA/SMK/MA,Perguruan Tinggi), perusahaan swasta, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, dan komunitas.

Beragam pertunjukan budaya ditampilkan, seperti ebeg, tari-tarian tradisional, tektek/kenthongan, hingga aksi teatrikal. Tidak hanya itu, para pejabat dan peserta pawai juga memamerkan pakaian tradisional dari berbagai suku di Indonesia. Wakil Bupati Purbalingga, H. Sudono, beserta istri mengenakan pakaian adat Jawa Tengah, demikian pula Ketua DPRD Purbalingga, H. R. Bambang Irawan, beserta istri. Turut hadir dalam acara ini jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Pawai kebangsaan yang merupakan agenda tahunan ini disambut antusias oleh masyarakat. Ribuan warga Purbalingga tumpah ruah di sepanjang rute pawai, mulai dari GOR Goentoer Darjono menuju Taman Usman Janatin, melewati panggung kehormatan di alun-alun Purbalingga, hingga berakhir di depan Kantor PLN Purbalingga.

Di area panggung kehormatan, Wakil Bupati Sudono, Ketua DPRD HR Bambang Irawan, Forkopimda, Sekretaris Daerah Purbalingga Herni Sulasti, dan para Asisten Sekda dengan ramah menyambut peserta pawai dan masyarakat yang hadir. Meskipun cuaca panas terik, hal tersebut tidak mengurangi semangat masyarakat untuk menyaksikan jalannya pawai kebangsaan.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) yang tidak dapat hadir pada kesempatan tersebut karena sedang mengikuti Pemeriksaan Kesehatan untuk Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga akun instagramnya menyampaikan Pawai Kebangsaan menjadi penutup rangkaian peringatan HUT RI ke-79 tingkat Kabupaten Purbalingga.

“Ada banyak keseruan dan penampilan yang menarik dari para peserta pawai. Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta pawai kebangsaan dan juga seluruh elemen masyarakat yang hadir,” katanya.

Selain menampilkan kekayaan budaya, Pawai Budaya tahun ini juga dimanfaatkan sebagai ajang promosi layanan OPD. Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Purbalingga, misalnya, menggunakan kesempatan ini untuk mensosialisasikan kampanye stop judi online kepada masyarakat.

Seorang warga Purbalingga, Nita, mengungkapkan rasa gembiranya atas terselenggaranya pawai tahun ini. Dia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Purbalingga, khususnya kepada Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, yang telah mengadakan acara tersebut sebagai sarana hiburan bagi masyarakat.

“Terima kasih Ibu Tiwi yang sudah mengadakan pawai budaya untuk menghibur masyarakat Purbalingga. Semoga Purbalingga semakin maju,” ujarnya. (dhs/Kominfo)