PURBALINGGA – Guna mendongkrak eksistensi para pelaku Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Purbalingga, Pemkab melalui Bagian Perekonomian dan SDA Setda Purbalingga dan Dinkop UKM menggelar event yang bertajuk “UMKM Day”, pada hari Kamis (12/9/2024), bertempat di Pendopo Dipokusumo Purbalingga. Mulai dari mini pameran, layanan UMKM, hingga photo session produk UMKM tersedia secara gratis sebagai media promosi produk-produk UMKM. Acara yang diikuti tidak kurang dari 500 pelaku UMKM dari berbagai sektor usaha tersebut nampak tumpah ruah memadati area Pendopo Dipokusumo Purbalingga.

“Acara ini diperuntukkan bagi para UMKM dan selain itu dari Bea Cukai Purwokerto akan melakukan sosialisasi terkait Gempur Rokok Ilegal. Kemudian Bea Cukai juga akan melakukan sharing terkait cara bagaimana agar produk UMKM bisa melakukan ekspor, silahkan nanti bisa berkonsultasi,” ujar Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Purbalingga, Gunanto Eko Saputro, ketika menyampaikan laporan.

Di samping itu, lanjutnya menjelaskan, terdapat pula fashion show batik Purbalingga hasil karya para pelaku usaha di bidang fashion.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi turut memberikan apresiasi dan bantuan dana hibah senilai 1,3 Miliar Rupiah bagi para pelaku UMKM lokal.

“Para pelaku UMKM selalu berkreasi dan berinovasi agar UMKM lokal bisa terus naik kelas bahkan bisa mendunia. Bahkan berkat pelaku UMKM lokal, kita dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari -1,32% saat pandemi melesat menjadi 5,42% tahun 2022, lebih tinggi dari rata-rata Provinsi maupun Nasional. Jadi ternyata UMKM kita itu yang paling cepat pulih,” ujar Bupati.

UMKM lokal di Kabupaten Purbalingga, lanjut Bupati menjelaskan, semoga bisa senantiasa terus maju, mandiri, terus naik kelas, terus berkarya, dan membanggakan nama Kabupaten Purbalingga. Terima kasih atas Seluruh upaya dan peranan yang telah dilakukan para pelaku UMKM di Kabupaten Purbalingga yang luar biasa.

Di samping itu, salah satu pelaku UMKM batik tulis, Titis Nur Ika mengaku antusias mengikuti gelaran UMKM Day.

“Terima kasih kepada Pemerintah Purbalingga yang telah menyelenggarakan acara ini, semoga bisa bermanfaat dan menjadi ajang untuk memperkenalkan produk-produk UMKM seperti usaha saya. Harapannya seluruh pelaku usaha bisa naik kelas dan memajukan perekonomian,” tutupnya. (GIN/Kominfo)