TANGERANG, INFO – Guna meningkatkan pertumbuhan ekosistem ekonomi digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI menggelar acara Temu Bisnis Aksi Afirmasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) VIII. Acara kolaborasi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) RI tersebut digelar Selasa-Rabu (17-18/9) di ICE BSD Tangerang Banten.

Terdapat 73 booth pameran dari Kemenkominfo dan 40 booth pameran dari Kementan. Selain itu, ada talkshow selama kegiatan tersebut dengan tema antara lain, “Mendorong Penggunaan Produk Lokal Pada Belanja Pemerintah”, “Peningkatan Pemberdayaan Pelaku Usaha Produk Digital”, dan “Menuju Indonesia Mandiri Pangan dan Energi Melalui Penguatan Produk Dalam Negeri (PDN)”.

Menkominfo, Budi Arie Setiadi dalam sambutannya mengatakan acara dengan tema “Membangun Ekosistem Ekonomi Digital Untuk Produk Lokal” tersebut adalah yang ke-8 kalinya. Pihaknya memprioritaskan produk lokal untuk memanfaatan teknologi digital agar dapat bersaing di pasar global.

“Peningkatan pemakaian PDN diharapkan akan mendorong industrialisasi dan berkontribusi terhadap produk domestik bruto minimal sebesar 30 persen,” ungkapnya.

Kunjungan ke booth pameran di acara Temu Bisnis P3DN VIII

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang membuka acara mengatakan saat ini terdapat 9,4 juta lebih item di e-Katalog yang akan meningkatkan perekonomian dan tenaga kerja di Indonesia. Dia menambahkan, keberadaan aplikasi e-Katalog ini merupakan kerja tim yang telah menunjukkan peningkatan perekonomian yang signifikan selama 8 tahun terakhir.

“Ayo kita semua dukung, kita bekerja sebagai tim untuk membangun negeri kita tercinta ini,” tegasnya.

Acara pembukaan yang disiarkan langsung oleh TVRI ini dihadiri oleh Menparekraf, Mentan, serta sejumlah Menteri lainnya. Selain itu, gubernur dan bupati/ wali kota se-Indonesia juga turut diundang dalam acara tersebut. (fph/kominfo)