PURBALINGGA INFO – Pemerintah Kabupaten Purbalingga menghibahkan sebidang tanah seluas 17.209 m² kepada Polres Purbalingga. Tanah yang berlokasi di Kelurahan Kalikabong Kecamatan Kalimanah tersebut akan dimanfaatkan untuk pembangunan Mapolres Purbalingga yang baru.

Penandatanganan Berita Acara Hibah Tanah dilakukan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dan Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto saat acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H/2024 M yang berlangsung di Lapangan Kelurahan Kalikabong, Selasa (17/9/24).

Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto mengungkapkan bahwa hibah tanah ini merupakan kali keempat Pemkab Purbalingga memberikan tanah kepada Polres Purbalingga.

“Sejak tahun 2021, Ibu Bupati rajin menghibahkan tanah kepada kita, sudah ada 4 lokasi. Yang pertama yaitu tanah Mapolres Purbalingga yang saat ini ditempati, tanah parkiran Polres Purbalingga, tanah Polsubsektor Karangjambu, dan yang terakhir adalah tanah di Kelurahan Kalikabong ini yang akan dibangun Mapolres Purbalingga,”ujarnya.

AKBP Rosyid Hartanto juga menyampaikan bahwa sebelumnya Polres Purbalingga telah menerima hibah tanah dari Pemkab Purbalingga untuk pembangunan Gedung Mapolres. Namun, pengajuan anggaran untuk pembangunan Mapolres tersebut tidak disetujui karena luas tanah yang hanya sekitar 6.000 m² dianggap tidak memadai.

“Oleh karena itu, pada tahun 2024 ini, lahan tersebut dialihkan untuk pembangunan Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM-red),” tambahnya.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), dalam sambutannya menyampaikan bahwa hibah tanah ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Purbalingga untuk mendukung tugas dan fungsi Polres Purbalingga dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Kami, Pemerintah Kabupaten Purbalingga, memiliki komitmen yang besar untuk mendukung jajaran Polres Purbalingga dalam meningkatkan kinerjanya, termasuk dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat,” jelasnya.

Bupati Tiwi juga berharap agar pembangunan Mapolres Purbalingga yang baru segera terealisasi, sehingga Polres Purbalingga dapat memberikan pelayanan yang lebih representatif dan optimal kepada masyarakat.

“Semoga nanti gedung Mapolres Purbalingga yang baru bisa menjadi sarana bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Purbalingga,” tutupnya. (dhs/Kominfo)