PURBALINGGA INFO – Universitas Perwira Purbalingga (Unperba) kembali menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Program Sarjana yang ke-2 kalinya, di mana sebanyak 110 mahasiswa berhasil diwisuda. Dari jumlah tersebut, 15 mahasiswa adalah penerima beasiswa penuh dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga.

Rektor Universitas Perwira Purbalingga, Eming Sudiana, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Purbalingga memberikan beasiswa kepada 18 mahasiswa yang berasal dari 18 kecamatan di Purbalingga. “Alhamdulillah, dari 18 mahasiswa tersebut, 15 orang lulus dan diwisuda hari ini,” katanya.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa sesuai komitmen dengan Pemkab Purbalingga, para mahasiswa penerima beasiswa tersebut selanjutnya akan diberdayakan agar dapat berkontribusi aktif di kecamatan masing-masing. Ia juga menyampaikan bahwa dari total 110 wisudawan, sebanyak 32 orang telah memiliki pekerjaan, dan 27 orang lainnya telah menjalankan usaha mandiri dengan omset minimal Rp 5 juta per bulan.

“Untuk itu Saya serahkan dengan resmi para alumni untuk diberdayakan, terutama yang belum memiliki pekerjaan,” tambahnya.

Rektor Eming juga mengingatkan para wisudawan akan tanggung jawab baru yang mereka emban sebagai sarjana. Ia berharap para lulusan terus belajar dan berkarya demi memberikan sumbangsih nyata bagi bangsa Indonesia. “Sukses bukan hanya soal kemahiran berteknologi, tapi juga beradab dan berbudi pekerti luhur,” pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan, Agung Widiarto, menegaskan bahwa program beasiswa ini merupakan salah satu upaya Pemkab Purbalingga dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Agung menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten akan terus melanjutkan program ini untuk membantu generasi muda melanjutkan pendidikan tinggi di Purbalingga.

“Beasiswa ini diberikan kepada 18 putra-putri terbaik dari setiap kecamatan. Dan 15 lulusan hari ini, pada saatnya nanti akan diberdayakan di kecamatan masing-masing,” ungkap Agung.

Salah satu wisudawati, Laela Ramadhani Siryani Putri, penerima beasiswa dari Desa Panican, Kecamatan Kemangkon, mengungkapkan rasa bangga dan syukurnya setelah lulus dari Program Studi Agribisnis. Ia berharap beasiswa ini dapat terus memotivasi generasi muda Purbalingga untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas.

“Selama 4 tahun saya mendapatkan beasiswa penuh dari Pemkab Purbalingga, yang sangat membantu kami dalam membayar UKT sehingga dapat kuliah gratis,” ujar Laela.

Pada wisuda kali ini, Fakultas Ekonomika dan Bisnis meluluskan 35 mahasiswa dari Program Studi Manajemen dan 6 dari Program Studi Akuntansi. Sementara itu, Fakultas Sains dan Teknik menghasilkan 32 lulusan dari Program Studi Agribisnis, 12 lulusan dari Program Studi Teknik Mesin, dan 25 lulusan dari Program Studi Informatika. (dhs/Kominfo)