PURBALINGGA INFO – Pemerintah Kabupaten Purbalingga menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 di Halaman Pendopo Dipokusumo, Selasa (1/10/24). Upacara yang berlangsung dengan khidmat ini dihadiri oleh berbagai unsur, termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), siswa-siswi sekolah, serta peserta upacara lainnya. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto, S.H., S.I.K., M.H.

Dengan mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”, yang mencerminkan semangat persatuan dan tekad untuk mencapai cita-cita besar bangsa Indonesia, yaitu mewujudkan Indonesia Emas 2045. Ditemui seusai upacara, AKBP Rosyid Hartanto menekankan pentingnya mengobarkan semangat Pancasila di seluruh lapisan masyarakat Purbalingga.

“Esensi dari Hari Kesaktian Pancasila artinya kita berani untuk mengobarkan semangat kesaktian Pancasila di seluruh wilayah Kabupaten Purbalingga. Kami yakin dengan nilai-nilai Pancasila, Indonesia kedepannya akan semakin maju dalam menuju Indonesia emas. Nilai-nilai seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, keadilan sosial harus terus dihargai dan dipertahankan oleh masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, AKBP Rosyid Hartanto juga menyinggung ancaman ideologi komunis yang tidak mengakui Pancasila sebagai dasar negara. Menurutnya, Pancasila perlu terus digelorakan di setiap lapisan masyarakat untuk menjaga persatuan dan keutuhan bangsa.

“Itu adalah ideologi yang saat ini kita perangi, yang saat ini kita antisipasi, sehingga kita butuh menggelorakan Pancasila ini diseluruh lapisan masyarakat,” tambahnya.

Rangkaian upacara diisi dengan pembacaan teks Pancasila oleh Kapolres Purbalingga, AKBP Rosyid Hartanto. Sementara, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Purbalingga, Suroto, membacakan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Purbalingga, Pandi, membacakan ikrar Kesaktian Pancasila yang menegaskan tekad bangsa Indonesia untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan bangsa.

Ikrar ini menjadi pengingat bahwa rongrongan terhadap Pancasila telah banyak terjadi dari dalam dan luar negeri. Namun dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia akan terus memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. (dhs/Kominfo)