Purbalingga Info – Menjelang akhir masa jabatan Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo, pemerintah melalui Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri menggelar rapat koordinasi secara virtual pada Jumat (04/10/2024). Rapat tersebut membahas pencapaian 10 tahun pemerintahan Joko Widodo. Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi, mengungkapkan bahwa selama satu dekade terakhir, Indonesia telah mengalami pembangunan yang sangat masif, terutama di bidang infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

Dalam paparannya, Hasan menjelaskan bagaimana pembangunan infrastruktur telah berhasil menyambungkan seluruh wilayah Indonesia. “Pulau Jawa kini sudah tersambung dari ujung barat ke ujung timur melalui rel dan jalan tol. Dalam waktu dekat, Pulau Sumatera juga akan tersambung dari utara hingga selatan,” ujarnya. Ia menambahkan bahwa berbagai pelabuhan dan bandara juga telah dibangun untuk memperkuat konektivitas di seluruh Nusantara.

Hasan juga menyoroti pembangunan di wilayah terluar dan Indonesia bagian timur, di mana banyak proyek strategis nasional, seperti bendungan, jalan, stadion, dan pembangkit listrik, telah selesai maupun sedang dalam tahap penyelesaian. Menurutnya, pencapaian ini merupakan bagian dari “legacy” yang ingin ditinggalkan oleh Presiden Joko Widodo, sebagai tradisi baru untuk masa depan bangsa.

Fritz Edward Siregar, Deputi Koordinasi Kelembagaan Kantor Komunikasi Kepresidenan, dalam pertemuan virtual yang sama, juga menyampaikan apresiasinya terhadap kepemimpinan Jokowi. Ia menegaskan bahwa kebijakan pembangunan infrastruktur bukan hanya soal membangun jalan, tetapi juga membangun konektivitas antar kelembagaan, individu, dan budaya di seluruh Indonesia.

Selain infrastruktur, pencapaian lain yang menjadi sorotan adalah peningkatan di sektor pariwisata, ketahanan pangan, UMKM, dan dana desa. Semua program ini berjalan seiring dengan pembangunan infrastruktur, sehingga menciptakan sinergi yang mendorong kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di seluruh penjuru negeri.

Dalam bidang kesehatan, Fritz menekankan pentingnya program jaminan kesehatan sosial yang telah menjangkau lebih dari 250 juta penduduk Indonesia. Program ini dinilai sebagai langkah monumental dalam menyediakan akses kesehatan yang lebih baik, lebih terjangkau, dan merata bagi seluruh rakyat Indonesia, di mana pun mereka berada.

“Terima kasih, Pak Jokowi, atas kerja kerasnya untuk Indonesia,” ujar Fritz sebagai bentuk penghargaan atas kepemimpinan Presiden Jokowi selama satu dekade terakhir.

Dengan beragam capaian tersebut, Pemerintahan Joko Widodo dinilai telah membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik dengan infrastruktur yang kuat dan jaminan kesehatan yang lebih baik bagi seluruh rakyatnya. (Ady/Kominfo)