PURBALINGA – Dalam rangka menjaga kondusifitas menjelang pilkada serentak dan melestarikan Bhineka Tunggal Ika, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Purbalingga bekerjasama dengan Direktorat Bina Ideologi, Karakter, dan Wawasan Kebangsaan (BIKWK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan kegiatan Koordinasi dan Sinergitas Pelestarian Bhineka Tunggal Ika dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) pada Kamis (10/10/24) bertempat di Gedung Andrawina Owabong.
“Dalam Permendagri No 38 Tahun 2011 tentang Pedoman Peningkatan Kesadaran Bela Negara Di Daerah akan berjalan efektif apabila Pemerintah (pusat .red) bersama sama dengan Pemerintah Daerah dan unsur masyarakat yang bernaung dalam FPK dapat menciptakan kader-kader Pembauran Kebangsaan yang profesional,” kata Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Drajat Wisnu Setyawan.
Kegiatan ini dihadiri oleh FPK dari berbagai Etnis, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK), Mitra Deradikalisasi, Srikandi Pemuda Pancasila, GMBI, Lindu Aji, LIN, GAB, PPI, Mahasiswa, dan SMK Widya Manggala.
“Pada Forum yang kita laksanakan hari ini, kami mohon perwakilan dari FPK, FKUB, FKDM, dan PPWK untuk dapat menandatangani kesepakatan perjanjian damai. Harapan kami melalui kegiatan ini dapat menjadi starting point yang baik pada tahun politik seperti pada tahun ini,” harapnya.
Dalam laporannya, ketua penyelenggara Mido Ertana Sembiring mengatakan maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengajak pemerintah dan elemen masyarakat untuk selalu meningkatkan sinergitas dalam rangka penguatan pembinaan ideologi, karakter, dan wawasan kebangsaan.
“tema dari kegiatan ini adalah Penguatan Peran Forum Pembauran Kebangsaan dalam Aktualisasi Nilai Kebhinekaan pada Masyarakat,” katanya.