Untuk memberikan pelayanan Pertolongan Pertama (PP) kepada para pemudik dan warga masyarakat yang hendak merayakan lebaran, Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga menempatkan relawan PMI di sejumlah pos simpatik dan tempat wisata. Relawan yang diterjunkan sebanyak 60 orang dan siap bertugas 24 jam melayani warga masyarakat.
Ketua PMI Purbalingga Drs Suyitno mengatakan, pelayanan PP Siaga Lebaran dimulai tanggal 3 – 14 Agustus 2013. Untuk pra lebaran, mereka ditempatkan di lima lokasi pos simpatik dan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas. Lokasi tersebut yakni pos Jompo (Pom Bensin Sambas), terminal bus Purbalingga, terminal bus Bobotsari, pos Bukateja dan di pos Dukuh Cingkrik Bayeman, Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja serta pos induk di markas PMI.
”Pasca lebaran, relawan juga kami tepatkan di obyek wisata untuk mengantisipasi ledakan pengunjung yang berwisata usai lebaran. Obyek wisata yang menjadi fokus pelayanan yakni Owabong (Obyek Wisata Air Bojongsari), Purbasari Pancuran Mas di Purbayasa, Kecamatan Padamara dan obyek wisata Goa Lawa di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja,” kata Suyitno, Selasa (6/8).
Dikatakan Suyitno, relawan PMI yang ditugaskan melibatkan 60 orang yang bertugas secara shift. Mereka berasal dari anggota Palang Merah Remaja (PMR) yang tergabung dalam Forum Remaja Palang Merah Indonesia (FORPIS) dan Relawan Korps Sukarela (KSR) PMI. ”Siaga Lebaran ini juga dimaksudkan untuk semakin mendekatkan PMI kepada masyarakat dan memaksimalkan kegiatan pelayanan sosial untuk menuju PMI yang tanggap, profesional dan dicintai Masyarakat,” kata Suyitno. (Humas/y)