PURBALINGGA – Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon, Minggu (21/10) meninjau pembangunan bakal Rumah Quran dari Yayasan Al Hikmah Dusun Lengkong Desa Limbangan, Kutasari. Proses pembangunan sudah berlangsung pada tahap pengecoran tulangan bangunan.

Seperti yang diketahui, pembangunan Rumah Quran ini merupakan hasil donasi dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga. Bantuan diberikan senilai Rp 100 juta yang sebelumnya dijanjikan oleh Bupati Purbalingga non aktif H Tasdi SH MM pada 3 Juni lalu dan akan terealisasi pada APBD Perubahan 2018 ini.

“Mengingat yayasan Al Hikmah Limbangan ini telah turut kontribusi dalam pembangunan Kabupaten Purbalingga khususnya pendidikan dan sosial, sebagai bentuk apresiasi, kami sudah alokasikan dana Rp 100 juta untuk pembangunan Rumah Quran mudah-mudahan bermanfaat dan bisa segera tereaslisasi,” katanya dalam acara Bhakti Sosial Jejaring Saling Bantu di kompleks Masjid Al Hikmah.

Selain peninjauan pembangunan Rumah Quran, juga dilaksanakan penyerahan bantuan sosial kepada 42 yatim piatu di Desa Limbangan. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Yayasan Al Hikmah dengan Relawan Purbalingga Peduli (RPP).

Plt Bupati Tiwi menyampaikan apresiasinya atas kegiatan sosial tersebut yang memang betul-betul dibutuhkan di Purbalingga. Sebab selama ini masih banyak PR dan persoalan yang dihadapi dan selesaikan bersama sama, salah satunya yaitu kemiskinan.

“APBD Pemerintah yang saat ini kurang lebih Rp 2 triliun masih sangat terbatas dan belum mampu mengatasi permasalah kemiskinan ini sendirian. Untuk itu pemerintah harus bersinergi denga organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang sosial seperti misalnya Baznas atau RPP untuk sengkuyung saeyeg saekoproyo hulubis kuntul baris bersama-sama mengatasi kemiskinan,” katanya.

Ia juga berharap kepada anak-anak yatim piatu penerima manfaat itu kelak menjadi anak yang soleh dan solehah. Bermanfaat tidak hanya bagi orang tua tapi juga bangsa dan Negara.

Pada kesempatan yang sama dalam acara Bakti Sosial Jejaring Saling Bantu ini juga ada berbagai macam kegiatan yang lain. Seperti misalnya pengobatan gratis dari PKU MUhammadiyah, Pemeriksaan Gigi Gratis dari PDGI Cabang Purbalingga, Bazar Baju Pantas Pakai, Warung Ikhlas, Pengajian/konseling/seminar remaja, Kampung Dolanan Anak, Pelatihan Pengelolaan Limbah/sampah, pelayanan KB Gratis, Donor darah dan lain-lain.(Gn/Humas)