PURBALINGGA – Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM, melakukan pantauan pekerjaan fisik yang belum rampung di sejumlah titik, Minggu (9/12). Beberapa tempat yang sempat dikunjungi diantaranya Pembangunan Puskesmas 2 Kemangkon di Desa Gambarsari, pembangunan Jembatan Kali Cingkru Gambarsari-Karangtengah, pembangunan Puskesmas Bojong, pembangunan Gudang Pengolah Sampah (TPA Bedagas), rehabiliasi jembatan Sungai Wotan (Kertanegara), dan penggantian jembatan Deng ruas Jl Krangean – Langkap (Kertanegara).

Berdasarkan data daeri Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat daerah (Setda) Purbalingga, 6 proyek tersebut masih terdapat deviasi pekerjaan minus, atau prosentase realisasi lebih kecil dibandingkan target capaian. Mendapati hal ini Plt Bupati Tiwi meminta kepada rekanan untuk mempercepat pekerjaannya dengan cara lembur.

“Dengan cepat selesai akan lebih cepat dimanfaatkan oleh masyarakat. Terutama untuk jembatan, semakin lama pekerjaan maka akan semakin lama menghambat akses lalu lintas masyarakat,” katanya.

Meski demikian, umumnya proyek-proyek tersebut masih dalam rentang waktu kontrak, kecuali jembatan Deng ruas Jl Krangean – Langkap. Untuk mengatasi gangguan lalu lintas jalan Krangean – Langkap, masyarakat membuat jembatan darurat yang cenderung membahayakan.

Plt Bupati Tiwi berharap para pemenang lelang pekerjaan tersebut ini bisa melaksanakan pekerjaannya dengan baik, yakni melaksanakan prinsip 5T. Diantaranya Tepat Sasaran, Tepat Mutu, Tepat Manfaat, Tepat Waktu dan Tepat Administrasi. Dengan pekerjaan yang cepat selesai juga akan menghindari resiko putus kontrak.

“Mohon untuk Dinas PU (Pekerjaan Umum) dan dinas terkait untuk selalu memantau, memastikan kalau di lokasi terus ada progres pekerjaan. Jangan sampai ditinggal-tinggal terbengkalai. Pastikan mereka lembur agar bisa cepat selesai,” katanya.

Seperti yang diketahui progres realisasi pekerjaan fisik hingga Minggu (9/12) Pembangunan Puskesmas 2 Kemangkon di Desa Gambarsari baru 90% dari target 93%, dengan nilai kontrak Rp 2,2 miliar; pembangunan Jembatan Kali Cingkru Gambarsari-Karangtengah baru 87% dari target 95% dengan nilai kontrak Rp 568 juta.

Pembangunan Puskesmas Bojong baru 95% dari 97% dengan nilai kontrak Rp 4,2 miliar; pembangunan Gudang Pengolah Sampah (TPA Bedagas) baru 41% dari 73% dengan nilai kontrak Rp 865 juta, rehabiliasi jembatan Sungai Wotan (Kertanegara) baru 59% dari 78% dengan nilai kontrak Rp 629 juta, dan penggantian jembatan Deng ruas Jl Krangean – Langkap (Kertanegara) baru 85% daru target 100% dengan nilai kontrak Rp 427 juta.(Gn/Humas)