PURBALINGGA- Sekretaris Daerah Wahyu Kontardi SH. selaku ketua panitia hari jadi ke 188 Kabupaten Purbalingga tahun 2018 menyampaikan, malam resepsi dengan menghadirkan penyanyi Ebiet G. Ade yang dilaksanakan di pendopo Dipokusumo sebagai akhir kegiatan pokok peringatan hari jadi ke 188 Kab. Purbalingga yang dimulai dengan ziarah makam leluhur.

“Kegiatan pokok diawali ziarah makam Arsantaka, Giri Cendana, Giri Purna, Makam Onje dan Makam Adipati Wirasaba pada hari Jum’at tanggal 14 Desember 2018,” kata Wahyu saat malam resepsi hari jadi ke 188 di Pendopo Dipokusumo, Selasa (18/12).

Selain kegiatan pokok, terdapat kegiatan pendukung pada peringatan hari jadi ke 188  yang terbagi dalam tiga kegiatan yaitu kegiatan sosial, lomba-lomba dan hiburan. Kegiatan sosial diantaranya pekan pemeriksaan kesehatan HIV/AIDS di perusahaan-perusahaan, rumah sakit swasta, puskesmas dan juga RSUD, santunan anak yatim piatu dan juga santunan korban bencana alam di seluruh Purbalingga.

“Pada kegiatan sosial, Pemkab Purbalingga juga membagikan honor guru madin tanggal 13 Desember 2018 di Pendopo Cahyana dan juga kunjungan ke Gereja-gereja tanggal 20 s.d. 21 Desember 2018,” terang Wahyu.

Sedangkan untuk kegiatan lomba, panitia hari jadi ke 188 mengadakan lomba foto wisata, lomba design tagline, sepakbola piala Ketua DPRD Purbalingga, lomba tek-tek kentongan, festival dolanan anak, dan lomba karawitan untuk kategori pelajar, OPD dan juga Kecamatan yang digelar tanggal 12 dan 13 Desember 2018 di pendopo Dipokusumo Purbalingga.

“Untuk kegiatan hiburan, ada pagelaran wayang kulit di 5 (lima) kecamatan yaitu Kec. Kejobong,, Purbalingga, kemangkon, Kertanegara dan Kalimanah, pentas hiburan rakyat tanggal 18 Desember 2018 di alun-alun Purbalingga dan juga Purbalingga fair tanggal 19 s.d. 22 Desember di GOR Goentoer Darjono Purbalingga, penampilan grup band PADI dan pawai budaya tanggal 30 Desember 2018,” kata Wahyu.

Pada malam resepsi tersebut, para pemenang berbagai lomba dalam rangka peringatan hari jadi ke 188 menerima piala dan hadiah kejuaraan yang diserahkan Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. MM., Ketua DPRD Tongat SH. MM. dan juga Sekda Wahyu Kontardi. (t/ humpro2018).