PURBALINGGA – Sebanyak 523 Kepala Sekolah SMP se-Eks Kresidenan Banyumas (Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara dan Cilacap) mengikuti 9 cabang lomba Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Cup 2019 se-Eks Kresidenan Banyumas di Lapangan SMAN 1 Purbalingga, Sabtu (23/2). Sembilan cabang lomba tersebut diantaranya Sepak Bola, Tenis Lapangan, Bulu Tangkis, Catur, Bola Volley putra, Bola Volley putri, Tenis Meja putra, Tenis Meja putri, dan Menyanyi sebagai hiburan.

Ketua Panitia MKKS SMP Cup 2019 se-Eks Kresidenan Banyumas, Drs Runtut Pramono menjelaskan perlombaan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat persaudaraan, kebersamaan, dan jiwa korsa antar kepala sekolah se-Karesidenan Banyumas.

“Selain itu juga untuk meningkatkan kompetensi kepribadian dan sosial kepala sekolah sebagai kompetensi yang harus dimiliki kepala sekolah,” katanya.

Adapun peserta perlombaan ini diantaranya Kepala SMP Kabupaten Banyumas sejumlah 157 pesertaKepala SMP Kabupaten Cilacap sejumlah 180 pesertaKepala SMP Kabupaten Banjarnegara sejumlah 110 pesertaKepala SMP Kabupaten Purbalingga berjumlah 76 peserta. Selain itu juga anggota MGMP PJOK SMP Purbalingga sebagai panitia pelaksana pertandingan sejumlah 40 peserta.

Sementara itu Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM yang diwakili oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Purbalingga Drs Subeno SE MSi meskipun dalam event lomba/kejuaraan adalah hasil yang optimal, namun Ia berharap bukan semata-mata memikirkan hasil kejuaraan tersebut.

“Mengapa demikian? Ada dimensi yang lebih penting bagi bapak/ibu sebagai kepala sekolah. Permendiknas nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah menyebutkan bahwa kepala sekolah harus memiliki beberapa kompetensi. Kompetensi itu meliputi  kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan kompetensi sosial,” katanya.

Peningkatan kompetensi tersebut dilakukan dengan berbagai upaya dan bermacam-macam kegiatan pengembangan diri, berupa workshop, diklat, seminar dan kegiatan lainnya. Pelaksanaan MKKS SMP Cup ini juga merupakan upaya meningkatkan kompetensi kepribadian dan sosial kepala sekolah.

“Dengan kegiatan tersebut, MKKS SMP masing-masing kabupaten harus berkoordinasi dan mempersiapkan diri. Kekompakan, kebersamaan, semangat, sportivitas, disiplin merupakan perwujudan peningkatan kompetensi kepribadian dan sosial,” katanya.

Selain itu, dengan kegiatan olah raga akan muncul semangat persaudaraan dan kekeluargaan, baik antar anggota MKKS dalam MKKS SMP masing-masing kabupaten maupun antar MKKS SMP se-Karesidenan Banyumas. Kegiatan tersebut dapat menjadi ajang bertukar informasi serta wawasan hubungannya dengan pengembangan sekolah yang ke depan tantangan tugasnya semakin kompleks.(Gn/Humas)