PURBALINGGA – Setiap Jumat Kliwon, Pemerintah Kabupaten Purbalingga rutin melaksanakan kegiatan keagamaan (Islam) yakni Kegiatan Khotmil Quran, Istighotsah dan Pengajian. Kegiatan tersebut pada Jumat (1/3) di Pendopo Dipokusumo, Plt Bupati Purbalingga melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Drs Agus Winarno Msi menitip pesan untuk turut mendoakan bersama demi damainya Pemilu 2019 ini.

“Kita masih dalam suasana kampanye jelang Pemilu baik Pilpres maupun Pileg. Oleh karena itu dengan kegiatan ini tentu mendoakan agar kelak Pemilu di Purbalingga nanti bisa berlangsung aman damai dan bermartabat, serta menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang amanah,” katanya.

Ia mengajak bersama, untuk bisa mengantisipasi masa kampanye ini dari perbuatan menghasut, menyebar berita bohong/hoaks, ujaran kebencian dan radikalisme. Melalui pengajian ini pula ia berharap semuanya akan tercerahkan, bahkan justru menyebarkan informasi yang membawa kesejukan, aman, damai dan tentram.

“Yang namanya pengajian tentu mengajak perdamaian. Tapi kalau kita setelah ngaji pikirannya menjadi tidak karu karuan, ya #2019GantiPengajian,” katanya.

Melalui rangkaian Khotmil Quran, Istighotsah dan Pengajian ini menurutnya ada 3 manfaat yang bisa didapatkan. Diantaranya manfaat spiritual, sosial dan kultural.

“Manfaat spiritual, tentu kegiatan ini akan membawa kita untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan,” katanya.

Sedangkan manfaat sosial, yakni sebagai sarana untuk berkumpul dan bersilaturahmi antar sesama muslim lintas stakeholder, termasuk juga antara pemerintah dengan masuyarakat. Sedangkan manfaat kultural, yakni bagaimana membudayakan Islam dalam konteks kegiatan keagamaan.

“Termasuk melatih budaya tepat waktu, disiplin. Kelihatannya sederhana tapi kedatangan anda ini mencerminkan disiplin atau tidak sama halnya ibadah yang lain seperti sholat atau puasa. Karena kalau kita sudah tidak ada masalah dengan kedisiplinan ibadah Inshaallah untuk hal lain juga tidak ada masalah,” katanya.(Gn/Humas)