PURBALINGGA- Kabupaten Purbalingga mendapatkan bantuan sejumlah Rp 2 miliar 847 juta dari Kementerian Kelautan dan Perikanan berupa bantuan sarana bidang kelautan dan perikanan sejumlah Rp 1 miliar 461 juta dan bantuan dari Kementerian Pertanian berupa Bantuan Alsintan Pra Panen dari Ditjen Prasarana Dan Sarana Pertanian, dan bantuan Alsintan Pasca Panen dari Ditjen Tanaman Pangan sejumlah Rp 1 miliar 386 juta. Bantuan tersebut diterima oleh para penerima manfaat pada acara penyerahan bantuan sarana bidang kelautan perikanan dan bantuan alat dan mesin pertanian dalam rangkaian kunjungan kerja Anggota IV BPK RI dan Ketua DPR RI di lapangan Desa Limbasari Kec Bobotsari, Jumat (15/03).

Bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Pertanian diserahkan secara simbolis kepada kelompok tani dan kelompok pembudidaya ikan dengan system minapadi oleh Anggota IV BPK RI Prof Dr H Rizal Djalil MM, Ketua DPR RI H Bambang Soesatyo SE MBA didampingi Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Dr Ir Slamet Soebjakto MSi dan juga Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Dr Ir Sumarjo Gatot Irianto  MS DAA untuk kelompok tani di Desa Limbasari dan Desa Majapura Bobotsari, Desa Mrebet Kec Mrebet, Desa Gemuruh Kec Padamara, Desa Tlahab Kidul Kec Karangreja dan pondok pesantren Darussalam desa Slinga Kec Kalligondang.

Sedangkan bantuan dari Kementerian Pertanian berupa traktor diserahkan kepada kelompok tani desa Losari Rembang, desa Kalimanah Wetan Kec Kalimanah,desa Kembaran Kulon Kec Purbalingga. Bantuan cultivator untuk kelompok tani Desa Langgar Kec Kejobong dan desa Siwarak Kec Karangreja, bantuan pompa air kepada kelompok tani desa Tumanggal Kec Pangadegan desa Kalijajar Kec Kaligondang dan desa Karanganyar Kec Karanganyar.

Selanjutnya bantuan alat pertanian lainnya berupa power tresher untuk kelompok tani desa Tlahab Lor, Kec Karangreja dan desa Lambur Kec Mrebet, bantuan corn sheller untuk kelompok tani desa Lambur Kec Mrebet dan desa Sumingkir Kec Kutasari serta bantuan dryer UV (alat pengering) kepada kelompok tani desa Mipiran Kec Padamara.

Menurut Plt Bupati Purbalingga, bantuan-bantuan yang diterima oleh Kabupaten Purbalingga sangat besar manfaat yang dirasakan, apalagi kondisi Purbalingga saat ini masih menjadi daerah dengan tingkat kemiskinan yang masih tinggi. Dirinya berharap, Purbalingga akan menjadi daerah prioritas penerima bantuan dari berbagai Kementerian untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

“Saat ini Kabupaten Purbalingga sedang giatkan pembangunan sektor pertanian dan juga perikanan dan dalam kesempatan ini saya sampaikan apresiasi karena Purbalingga khususnya desa Limbasari ditunjuk menjadi desa binaan Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan mendapatkan program mina padi seluas 5 hektar pada tahun 2018 dan hal itu sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Plt Bupati Tiwi. (t/ humpro2019).