Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) mengencarkan pemakaian Teknologi Informasi (TI) untuk mempromosikan daerah tujuan (destinasi) wisata di Purbalingga. Penggunaan TI ini dianggap efektif, murah dan cepat untuk mempromosikan keberadaan dan keunggulan obyek wisata.
Kepala Dinbubparpora Purbalingga Subeno saat membuka pelatihan pembuatan web/blog bagi pengurus desa wisata dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) se Kabupaten Purbalingga mengatakan, berbagai media dapat digunakan untuk mempromosikan daerah tujuan wisata. Promosi yang saat ini dianggap efektif dan murah, yakni dengan menggunakan teknologi informasi, baik melalui blog/web, facebook, tweeter atau media social lainnya.
Pelatihan pemanfaatan teknologi informasi oleh para pelaku wisata diikuti 40 orang dari 6 desa wisata dan 4 Pokdarwis. Pelatihan kerjasama dengan Dinhubkominfo, berlangsung di ruang rapat gedung A Setda Purbalingga, Senin (14/9).
Sementara Kabid Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga Ir Prayitno MSi menuturkan, Dinbudparpora dalam tahun ini melaksanakan peningkatan SDM para pengelola desa wisata dan Pokdarwis. Peningkatan penguasaan TI dimaksudkan agar mereka mampu mempromosikan daerahnya melalui TI.
Kegiatan peningkatan SDM kepariwisataan sangat diperlukan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Purbalingga. Sebenarnya banyak obyek wisata yang bagus, namun karena kurang promosinya sehingga kalah dengan yang lain.
Pelatihan teknologi informasi ini merupakan rangkaian kegiatan peningkatan pengelola desa wisata dan pokdarwis yang diselenggarakan Dinbudparpora. Sebelumnya mereka juga mengikuti pelatihan motivasi. Dan ke depan sebagai pelatihan lanjutan akan diajak untuk mengikuti pelatihan pembuatan souvenir, pengelolaan home stay dan kegiatan home trip bekerjasama dengan biro wisata.(umang-kominfo)