PURBALINGGA INFO – UPTD Puskesmas Karangreja mencanangkan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kegiatan pencanangan ini dilaksanakan di Aula Puskesmas Karangreja pada Rabu (15/5/24).

Kepala UPTD Puskesmas Karangreja, Puspa Ayu Lestari, menegaskan komitmen Puskesmas Karangreja untuk mewujudkan Zona Integritas sebagai bagian dari reformasi birokrasi.

“Kami berkomitmen untuk menjalankan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM sebagai wujud nyata reformasi birokrasi,” ujarnya.

Puskesmas Karangreja melayani sekitar 45 ribu jiwa di wilayah kerjanya, dan menyediakan berbagai layanan kesehatan seperti rawat jalan, rawat inap, persalinan, dan kegawatdaruratan 24 jam. dengan dukungan 59 karyawan Puskesmas Karangreja terus berupaya untuk meningkatkan capaian program kesehatan serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Kami juga menjalankan program kesehatan preventif seperti pelayanan kesehatan ibu dan anak, gizi masyarakat, skrining penyakit, dan kesehatan lingkungan. Angka kematian ibu dan bayi di wilayah Puskesmas Karangreja masih nol, sementara prevalensi stunting sesuai target Bupati di angka satu digit sebesar 9,56 persen,” jelasnya.

Plh Inspektur Inspektorat, Tri Gunawan Setyadi, yang turut hadir, menegaskan bahwa pencanangan Zona Integritas ini adalah komitmen bersama untuk memerangi Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). Tri Gunawan menekankan pentingnya komitmen dan perubahan mindset untuk mewujudkan hal tersebut.

“Penyakit terbesar bangsa kita saat ini adalah korupsi, tidak hanya di tingkat tinggi tetapi juga di pemerintahan level terbawah, ini yang harus kita perbaiki. Teman-teman di Puskesmas Karangreja harus keluar dari zona nyaman dan mengadopsi pola pikir baru untuk mendukung Zona Integritas. Misalnya, pendaftaran manual bisa dilakukan secara online menggunakan teknologi informasi,” jelasnya.

Menurut Tri Gunawan, tugas Aparatur Sipil Negara adalah untuk melayani masyarakat sesuai dengan bidang masing-masing.

“Kepuasan layanan yang diberikan oleh Bapak Ibu kepada masyarakat menjadi hal utama, kita harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tegasnya.

Dengan pencanangan ini, diharapkan Puskesmas Karangreja dapat menjadi contoh layanan publik yang berintegritas tinggi dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta mendukung visi reformasi birokrasi Pemerintah Daerah Purbalingga. (dhs/Kominfo)